Kenangan SSB Persija di Stadion Menteng

Tulisan berikut ini adalah karya Hanifditya, pemenang Kontes “Aku dan Stadion Menteng” untuk mengenang 6 (enam) tahun ‘kepergian’ stadion kebanggaan Persija Jakarta. 

Sudah 6 tahun Stadion Menteng tiada karena dialih fungsikan menjadi taman kota. Stadion yang mempunyai sejarah bagi Sepakbola Jakarta dan Indonesia, khususnya Persija Jakarta . Stadion ini menjadi saksi akan besarnya Persija Jakarta di Indonesia.

Saya memiliki banyak kenangan dan sejarah di stadion ini. Sejarah yang tak akan saya lupakan karena banyak kegiatan yang saya lakukan di Stadion ini.  Pertama kali melihat bangunan stadion Menteng adalah sekitar tahun 1983/1984 karena sering diajak makan di Kentucky Fried Chicken yang letaknya disamping Stadion Menteng (sekarang di Menteng Plaza).  Sebagai tambahan info : Itu adalah outlet Kentucky Fried Chicken pertama yang ada di Indonesia.

Dua tahun berselang tepatnya pada Pertengahan tahun 1986 ketika saya bersekolah di Kelas IV SD bergabung dengan SSB Persija.  Kebetulan saya tinggal di Jalan Samsurizal (samping rumah dinas Gubernur DKI Jakarta) dan bersekolah di SD Kepodang di Jln. Taman Masjid Sunda Kelapa.   Saya ingat ketika itu jadwal latihan adalah Tiap Senin dan Jumat jam 14.00 WIB. Pelatih pada saat itu adalah Om Sugih Hendarto, Om Renny Salaki, Om Jafar Daeng Barang, Om Kunarto, Om Lutfi dan Om Togar Sitompul. Pengalaman yang tak mungkin dilupakan.

Dulu setiap habis latihan saya dan teman-teman di SSB Persija tidak langsung pulang karena mulai jam 16.00 WIB Tim Persija Jakarta  melakukan latihan,  jadi disitulah kita menonton bintang-bintang Persija masa itu seperti Adityo Dharmadi, Berty Tutuarima, Tonny Tanamal, Kamaruddin Betay berlatih. Anak Adityo Dharmadi sendiri menjadi kiper Persija U-21 kini dan juga bagian dari Persija senior Adixi Lenvizio.

Mulai tahun 1987 Klub Galatama Pelita Jaya mulai menggunakan Stadion menteng untuk bertanding.  Kita jadi mulai sering menonton aksi Bambang Nurdiansyah, Arjuna Rinaldi, Louis Mahodim, Elly Idris dll bermain.  Ketua Umum Persija masa itu Todung Barita Lumbanradja (alm) membentuk Klub amatir Menteng Yunior untuk menampung para murid SSB Persija yang telah berusia lebih dari 15 tahun.  Klub Menteng Yunior kemudian diikutkan berkompetisi di Kompetisi Internal Persija.

Ketika saya menginjak bangku SMA di SMA 3 Jakarta maka Stadion Menteng selalu menjadi tempat pertandingan Semifinal dan Final dari Teladan Anniversary Cup (Semacam pertandingan antar kelas di SMA 3 Jakarta).  Pada masa ini saya tidak terlalu intens bermain sepakbola dan hanya menjadi penikmat pertandingan saja. Selanjutnya saya melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dan mulai aktif lagi bermain sepakbola.  Saya aktif menjadi pengurus UKM Sepakbola UI dimana pembinanya adalah Bpk Todung Barita Lumbanradja yang saat itu adalah Dekan Fakultas Tekhnik UI.  Secara kebetulan pula Pelatih Tim UI adalh Om Sugih Hendarto dan Kapten kesebelasannya ( Fahri Barzani) adalah seorang mantan siswa SSB Persija tempo dulu.

Pada tahun 1998 Bapak Todung Barita Lumbanradja meminta kepada Om Sugih Hendarto, Budiman Dalimunthe, Fahri Barzani dan saya untuk melanjutkan kepengurusan Klub Menteng Yunior karena beliau sakit.  Tidak lama kemudian Bpk Todung meninggal dunia. Periode 1998-2006 sendiri adalah masa-masa dimana saya sering berkegiatan di Stadion Menteng.  Terlibat dalam pertandingan kompetisi internal dan hadir dalam rapat-rapat klub internal anggota Persija.

Pada awal tahun 2012 Klub Menteng Yunior secara resmi mendirikan Menteng Yunior Football Academy yaitu sebuah Sekolah Sepakbola.  SSB ini dipimpin oleh Pelatih Kepala Om Sugih Hendarto dan Om Lutfi dibantu beberapa pelatih yang semuanya adalah mantan siswa SSB Persija tempo dulu.

Begitulah pengalaman dan kisah saya bersama Stadion Menteng.  Saya belajar bermain bola, menemukan keluarga bernama Persija hingga akhirnya hingga saat ini menjadi bagian dari Macan Kemayoran. Terimakasih Menteng!

Ulasan Media: Apa Kata Mereka tentang Persija?

Ulasan Media: Apa Kata Mereka tentang Persija?

Persija Jakarta tidak pernah luput dari pemberitaan media, baik lokal maupun nasional. Apa saja pendapat dan opini para petinggi media olahraga mengenai Macan Kemayoran selama satu musim ini? Berikut ulasan …

baca selengkapnya »

Pembukaan Kompetisi Persija 2012/13

Pembukaan Kompetisi Persija 2012/13

Kompetisi Persija dibuka pada Minggu, 09 September 2012 pk. 14.00 WIB di Gelanggang Olah Raga Soemantri Brodjonegoro, Kuningan dengan laga community shield yang mempertemukan juara kompetisi 2009/2010 yaitu PS Tunas …

baca selengkapnya »

ISL U-21 : Persija Optimis Kalahkan Persijap

ISL U-21 : Persija Optimis Kalahkan Persijap

Macan Muda siap melakoni laga perdana  Indonesia Super League U-21 2014 menghadapi Persijap Jepara U-21 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara. Pelatih Kepala Blitz Tarigan menargetkan anak asuhannya meraih poin …

baca selengkapnya »